Senin, 08 Juni 2015

PERATURAN, REGULASI, DAN ASPEK BISNIS DIBIDANG TI

1.        Peraturan dan Regulasi Bisnis
Peraturan menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah ketentuan yang mengikat warga kelompok masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan kendalikan tingkah laku yang sesuai dan diterima: setiap warga masyarakat harus menaati aturan yang berlaku, atau ukuran, kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau membandingkan sesuatu.

1.1    Pengertian Peraturan dan Regulasi
Peraturan adalah sesuatu yang disepakati dan mengikat sekelompok orang lembaga dalam rangka mencapai suatu tujuan dalam hidup bersama.
Regulasi adalah “mengendalikan perilaku manusia atu masyarakat dengan aturan atau pembatasan”. Regulasi dapat dilakukan dengan berbagai bentuk , misalnya : pembatasan hukum diumumkan oleh otoritas pemerintah, regulasi pengaturan diri oleh suatu industri seperti melalui asosiasi perdagangan, Regulasi sosial (misalnya norma), co-regulasi dan pasar Seseorang dapat mempertimbangkan regulasi dalam tindakan perilaku misalnya menjatuhkan sanksi (seperti denda).
1.2    Jenis – Jenis Regulasi dalam Bisnis

  • Regulasi Bisnis Dibidang Merek
  • Regulasi Bisnis Dibidang Perlindungan Konsumen
  • Regulasi Larangan Praktek Monopoli
  • Regulasi Dibidang Hukum Dagang

1.3    Regulasi Bisnis Dibidang Teknologi Informasi
Teknologi Informasi dominan dengan perwujudan kehidupan dunia maya, namun pengaruhnya kepada kehidupan masyarakat seperti kehidupan nyata. Perdagangan atau bisnis melalui dunia online sudah marak dilakukan, dan menjadi hal yang biasa.
Sama dengan perdagangan di kehidupan nyata, perdagangan atau bisnis di dunia maya juga memerlukan regulasi dan peraturan untuk melindungi merek, konsumen, hukum dagang, dan mencegah praktek monopoli. Pada kehidupan nyata pembeli dan penjual bertemu secara langsung sehingga meminimalisir terjadinya penipuan, berbeda dengan bisnis di dunia maya yang kerap terjadi penipuan. Oleh sebab itu, beberapa hal harus lebih diperhatikan saat membuat regulasi bisnis dibidang teknologi informasi. Ditambah lagi bisnis dalam bidang ini bukan melingkupi pasar lokal melainkan mancanegara, oleh sebab itu diperlukan regulasi yang dapat diterapkan secara internasional. Agar dapat melindungi penjual dan pembeli secara menyeluruh.
Selain bisnis barang, sama seperti dikehidupan nyata, bisnis jasa juga dapat dilakukan melalui media online atau bidang teknologi informasi. Jasa konsultan dan developer pada kehidupan nyata juga merupakan bisnis dibidang teknologi informasi.
Pada bisnis jasa, regulasi nya harus lebih mendetail dan mencakup hal-hal yang rinci, karena pada beberapa kasus, bisnis jasa tidak memiliki barang bukti untuk dilaporkan, dan terkadang menggunakan asas percaya.
2.        Aspek Bisnis Dibidang Teknologi Informasi
Istilah Hukum Bisnis merupakan sesuatu yang masih baru di Indonesia. Kata ’Bisnis’ dipinjam dari Bahasa Inggris yaitu business, yang artinya urusan, usaha atau melakukan kegiatan yang bermanfaat yang mendatangkan keuntungan dan berguna. Kegiatan yang demikian di Indonesia dikenal dengan istilah dagang, sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Stbl 1938 No.276. .
       Hukum bisnis atau Business Law (dalam bahasa Inggris) merupakan keseluruhan dari peraturan-peraturan hukum, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, yang mengatur hak dan kewajiban yang timbul dari perjanjian-perjanjian maupun perikatan-perikatan yang terjadi dalam praktik bisnis. Salah satu fungsi hukum bisnis adalah sebagai sumber informasi yang berguna bagi praktisi bisnis, untuk memahami hak-hak dan kewajibannya dalam praktik bisnis agar terwujud watak dan perilaku aktivitas di bidang bisnis yang adil, wajar, sehat, dinamis, dan bermanfaat yang dijamin oleh kepastian hukum.
Walaupun hampir semua kegiatan bisnis berkaitan dengan masalah perjanjian dan perikatan yang hanya melibatkan para pihak yang terlibat, akan tetapi pasca reformasi di Indonesia saat ini, dengan semangat untuk memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha/bisnis maka telah dikeluarkan beragam peraturan perundang-undangan di bidang bisnis, antara lain UU Perseroan Terbatas, UU Penanaman Modal, UU Anti Monopoli dan Persaingan Usaha, UU Perlindungan Konsumen, dan sebagainya. 
2.1    Pengertian Hukum Bisnis
Hukum menurut para ahli hukum: .
Meyers mengartikan Hukum "Sebagai semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan, ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat yang menjadi pedoman bagi penguasa negara dalam melakukan tugasnya". .
Utrecht Mngartikan Hukum "Merupakan himpunan peraturan (perintah dan larangan) yang mengurus tata tertib suatu masyarakat dan oleh karena itu harus di taati oleh masyarakat". 
Mochtar Kusumaatmadja Mengartikan Hukum "Tidak hanya di artikan sebagai suatu peraturan atau norma, melainkan hukum di maknai dengan keseluruhan kaidah dan asas yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat termasuk lembaga dan proses yang menjadi-kan kaidah serta asas berfungsi, kaidah atau norma merupakan peraturan yang mengikat serta memiliki sanksi apabila tidak di patuhi; asas merupakan hal-hal mendasar atau prinsip yang melatarbelakangi lahirnya suatu norma.   
                                    
       Tidak hanya dalam bentuknya yang tertulis hukum juga memiliki bentuk lain yakni hukum tidak tertulis, contohnya kebiasaan. Kebiasaan - kebiasaan yang terus menerus dilakukan dan diteruskan secara turun termurun akan menjadi suatu adat. Hukum dan kebiasaan merupakan dua dari empat kaidah sosial yang ada dalam masyarakat, masih ada kaidah sosial lainnya seperti agama dan kesusilaan sebagai suatu Hukum
Sedangkan bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, di bidang perekonomian serta bertujuan mencari keuntungan. Keuntungan merupakan target utama dari suatu kegiatan bisnis
      Jadi bisa disimpulkan bahwa Hukum Bisnis adalah suatu perangkat kaidah hukum (termasuk enforcement-nya) yang mengatur tentang tatacara pelaksanaan urusan atau kegiatan dagang, industri atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dari para entrepreneunr dalam risiko tertentu dengan usaha tertentu dengan motif (dari entrepreneur tersebut) adalah untuk mendapatkan keuntungan. (Munir Fuady, 2005 : 2). Hukum Bisnis kerap kali juga disebut dengan Hukum Dagang. 
2.2    Pentingnya Hukum Bisnis Bagi Pelaku Bisnis / Ekonomi
Dewasa ini aktivitas bisnis berkembang begitu pesatnya dan terus merambah ke berbagai bidang, baik menyangkut barang maupun jasa. Bisnis merupakan salah satu pilar penopang dalam upaya mendukung perkembangan ekonomi dan pembangunan.
Dalam melakukan bisnis tidak mungkin pelaku bisnis terlepas dari hukum karena hukum sangat berperan mengatur bisnis agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, tertib, aman sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan akibat adanya kegiatan bisnis tersebut, contoh hukum bisnis adalah undang-undang perlindungan konsumen (UU No. 8 tahun 1999). 
      Dalam undang-undang perlindungan konsumen dalam pasal disebut diatur tentang kewajiban pengusaha mencantumkan lebel halal dan kadaluarsa pada setiap produk yang ia keluarkan. Dengan kewajiban tersebut konsumen terlindungi kesehatannya karena ada jaminan perlindungan jika produk sudah daluarsa. Begitu juga dengan konsumen umat islam adanya lebel halal akan terjamin dari mengkonsumsi produk haram. Contoh-contoh hukum yang mengatur dibidang bisnis, hukum perusahaan (PT, CV, Firma), kepailitan, pasar modal, penanaman modal PMA/PMDN, kepailitan, likuidasi, merger, akuisisi, perkreditan, pembiayaan, jaminan hutang, surat berharga, hukum ketenagakerjaan/perburuhan, hak kekayaan intelektual, hukum perjanjian (jual beli/transaksi dagang), hukum perbankan, hukum pengangkutan, hukum investasi, hukum teknologi, perlindungan konsumen, hukum anti monopoli, keagenan, distribusi, asuransi, perpajakan, penyelesaian sengketa bisnis, perdagangan internasional/WTO, kewajiban pembukuan, dll
Dengan demikian jelas aturan-aturan hukum tesebut diatas sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Aturan-aturan hukum itu dibutuhkan karena: 
·         Pihak-pihak yang terlibat dalam persetujuan/perjanjian bisnis itu membutuhkan sesuatu yang lebih daripada sekadar janji serta itikad baik saja. 
·         Adanya kebutuhan untuk menciptakan upaya-upaya hukum yang dapat digunakan seandainya salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya, tidak memenuhi janjinya. 
·         Disinilah peran hukum bisnis tersebut. Untuk itu pemahaman hukum bisnis dewasa ini dirasakan semakin penting, baik oleh pelaku bisnis dan kalangan pembelajar hukum, praktisi hukum maupun pemerintah sebagai pembuat regulasi kebijakan yang berkaitan dengan dunia usaha. Hal ini tidak terlepas dari semakin intens dan dinamisnya aktifitas bisnis dalam berbagai sektor serta mengglobalnya sistem perekonomian.
2.3         Tujuan Hukum Bisnis Dalam Perusahaan
Hukum yang diberlakukan memiliki tujuan yang dikenal dengan tujuan hukum. Menurut L.J. Van Apeldroorn, tujuan hukum yaitu mengatur pergaulan hidup secara damai. Selain memiliki tujuan, hukum juga memiliki fungsi. Fungsi hukum mengacu pada tujuan hukum. beberapa fungsi hukum di antaranya hukum sebagai sarana penyelesaian pertikaian, pencapaian keadilan lahir batin dan sebagai sarana pembaharuan masyarakat. 
Berkaitan dengan sarana pembaharuan masyarakat, hukum harus mampu merubah perilaku dari masyarakat itu sendiri, dari masyarakat yang tidak teratur menjadi masyarakat yang teratur. 
      Dari tujuan hukum tersebut maka tujuan hukum bisnis pun dalam suatu perusahaan mengacu pada tujuan hukum. Tujuan dari hukum bisnis adalah adanya keadilan, ketertiban, dan kepastian hukum bagi pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. 
2.4         Ruang Lingkup Hukum Bisnis Dalam Perusahaan
Hukum Bisnis selalu ada saat pertama kali pelaku bisnis melakukan kegiatan usaha yang dimulai dengan kesepakatan tertulis yang tertuang dalam suatu bentuk perjanjian berbentuk tertulis yang lazim dinamakan kontrak. Agar kontrak yang dibuat parah pihak menjadi sah, maka harus dilihat dalam KUHPerdata, yaitu Buku III KUHPerdata tentang perikatan.
       Setelah kontrak di buat dan di setujui maka tidak jarang pelaku bisnis membuat sebuah wadah demi melancarkan maksud dan tujuan dalam kontrak tersebut, antara lain pembentukan wadah tersebut meliputi perusahaan perseorangan, persekutuan perdata, firma, persekutuan comanditer (CV), perseroan terbatas (PT), serta koperasi. 
Kegiatan usaha juga tidak hanya meliputi pembuatan wadah saja, tidak jarang perbuatan bisnis juga meliputi hak kekayaan intelektual seperti merek, paten, desain industri, dan rahasia dagang. Dalam menjalankan bisnis tidak jarang pelaku bisnis juga mengajukan kredit kepada bank. Pelaku bisnis dapat mengajukan kredit ke Bank dan biasanya Bank akan menyalurkan kredit apabila salah satunya pembisnis dan perusahaannya memiliki rekening korang yang baik dan memiliki konsumen yang baik pula.
2.5         Orang – orang Perantara Dalam Perusahaan
Kedudukan orang – orang perantara dalam dunia perusahaan dan perdagangan mempunyai peranan penting dalam melancarkan dan mengembangkan perdagangan ataupun perusahaan. Macam – macam: 
2.5.1        Agen dagang
Melakukan pekerjaan perantaran mewakili pihak pengusaha natar lain membuat persetujuan- persetujuan tertentu dengan pihak ketiga. Tidak dalam ikatan perburuhan. Dapat mempunyai perusahaan sendiri untukj pekerjaannya itu. Untuk jerih payahnya ia menerima provisi. Dapat merupakan agen tunggal jika satu-satunya sebagai agen mengenal sesuatu jenis barang. Hanya bertanggung jawab sampai jumlah provisinya (janji del credere) Prjanjian untuk jangka waktu tertentu atau tanpa batas Kematian sebagai penyebab berakhirnya perjanjian 
2.5.2        Makelar
Pasal 62 KUHD : makelar adalah pedagang perantara yang diangkat oleh pejabat yang berwenang dan terlebih dahulu harus mengangkat sumpah di pengadilan negeri sebelum diperbolehkan melakukan pekerjaannya. Mengadakan perjanjian atas nama dan perintah orang lain. Untuk pekerjaannya ia menerima provisi 
2.5.3        Komisioner
Pasal 76 KUHD : Komisioner adalah orang yang pekerjaannya terdiri atas pembuatan perjanjian- perjanjian atas nama tetapi atas perintah dan tanggungan orang lain dengan mendapat upah yang disebut komisi.
Pasal 78 KUHD : Komisioner telah menutup perjanjian, berhak menuntut pihak ketiga. Pemberi kuasa (komiten) tiodak brehak menuntut pihak ketiga dan sebaliknya.

2.6    Peranan Penting Hukum Bisnis Dalam Perusahaan
Dewasa ini aktivitas bisnis berkembang begitu pesatnya dan terus merambah ke berbagai bidang, baik menyangkut barang maupun jasa. Bisnis merupakan salah satu pilar penopang dalam upaya mendukung perkembangan ekonomi dan pembangunan. 
Dalam melakukan bisnis tidak mungkin pelaku bisnis terlepas dari hukum karena hukum sangat berperan mengatur bisnis agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, tertib, aman sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan akibat adanya kegiatan bisnis tersebut, contoh hukum bisnis adalah undang-undang perlindungan konsumen (UU No. 8 tahun 1999). 
Dalam undang-undang perlindungan konsumen dalam pasal disebut diatur tentang kewajiban pengusaha mencantumkan lebel halal dan kadaluarsa pada setiap produk yang ia keluarkan. Dengan kewajiban tersebut konsumen terlindungi kesehatannya karena ada jaminan perlindungan jika produk sudah daluarsa. Begitu juga dengan konsumen umat islam adanya lebel halal akan terjamin dari mengkonsumsi produk haram. 
Contoh-contoh hukum yang mengatur dibidang bisnis, hukum perusahaan (PT, CV, Firma), kepailitan, pasar modal, penanaman modal PMA/PMDN, kepailitan, likuidasi, merger, akuisisi, perkreditan, pembiayaan, jaminan hutang, surat berharga, hukum ketenagakerjaan/perburuhan, hak kekayaan intelektual, hukum perjanjian (jual beli/transaksi dagang), hukum perbankan, hukum pengangkutan, hukum investasi, hukum teknologi, perlindungan konsumen, hukum anti monopoli, keagenan, distribusi, asuransi, perpajakan, penyelesaian sengketa bisnis, perdagangan internasional/WTO, kewajiban pembukuan, dll. 
Dengan demikian jelas aturan-aturan hukum tesebut diatas sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Aturan-aturan hukum itu dibutuhkan karena :
· Pihak-pihak yang terlibat dalam persetujuan/perjanjian bisnis itu membutuhkan sesuatu yang lebih daripada sekadar janji serta itikad baik saja. 
Adanya kebutuhan untuk menciptakan upaya-upaya hukum yang dapat digunakan seandainya salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya, tidak memenuhi janjinya.
Disinilah peran hukum bisnis tersebut. Untuk itu pemahaman hukum bisnis dewasa ini dirasakan semakin penting, baik oleh pelaku bisnis dan kalangan pembelajar hukum, praktisi hukum maupun pemerintah sebagai pembuat regulasi kebijakan yang berkaitan dengan dunia usaha. Hal ini tidak terlepas dari semakin intens dan dinamisnya aktifitas bisnis dalam berbagai sektor serta mengglobalnya sistem perekonomian. 
Menurut Ismail Saleh dalam bukunya “HUKUM DAN EKONOMI” 1990,:
”Memang benar ekonomi merupakan tulang punggung kesejehateraan masyarakat dan memang benar bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tiang-tiang penopang kemajuan suatu bangsa namun tidak dapat disangkal bahwa hukum merupakan pranata yang pada akhirnya menentukan bagaimana kesejehateraan yang dicapai tersebut dapat dinikmati secara merata, bagaimana keadilan sosial dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat dan bagaimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membawa kebahagiaan rakyat banyak”.
Berdasarkan hal diatas sangatlah terlihat bahwa hukum sangat penting dalam dunia ekonomi/bisnis sebagai alat pengatur bisnis tersebut. Kemajuan suatu ekonomi/bisnis tidak akan berarti kalau kemajuan tidak berdampak pada kesejahteraan dan keadilan yang dinikmati secara merata oleh rakyat. Negara harus menjamin semua itu. Agar tidak ada terjadi pengusaha kuat menindas pengusaha lemah, yang kaya semakin kaya yang miskin semakin miskin, sehingga tidak ada keseimbangan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Disinilah peran hukum membatasi hal tersebut. Maka dibuat perangkat hukum yang mengatur dibidang bisnis tersebut (hukum bisnis).
Dengan telah dibuatnya hukum bisnis tersebut (peraturan perundang-undangan) imbasnya adalah hukum bisnis tersebut harus diketahui/dipelajari oleh pelaku bisnis sehingga bisnisnya berjalan sesuai dengan koridor hukum dan tidak mempraktikkan bisnis yang bisa merugikan masyarakat luas (monopoli dan persaingan usaha tidak sehat). 
Bagaimanapun juga adanya pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat serta kompleks melahirkan berbagai bentuk kerjasama bisnis. Kerjasama bisnis yang terjadi sangat beraneka ragam tergantung pada bidang bisnis apa yang sedang dijalankan. Keanekaragaman kerjasama bisnis ini tentu saja melahirkan masalah serta tantangan baru karena hukum harus siap untuk dapat mengantisipasi setiap perkembangan yang muncul. 
Pendapat dan saran saya :
  • Selain perlindungan, regulasi pembayaran pajak juga diperlukan karena bisnis online juga mengandung unsur PPh.
  • Dalam regulasi bisnis dibidang teknologi informasi setidaknya harus memiliki pedoman yang jelas dan terdapat dalam undang-undang sama halnya seperti bisnis kovensional lainnya meliputi operational dan manajemen

27 komentar:

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

MOUNIKA mengatakan...

Many thanks for the great blog you’ve created at americanintelligencereport.com. Your enthusiasm is absolutely inspiring. Thanks again!
sap bods training

sap bw on hana training

sap cs training

sap fico training

sap grc training

MOUNIKA mengatakan...

This website is amazing. I will tell about it to my friends and anybody that could be interested in this subject. Great work guys!
Hadoop Interview Questions

SQL Server DBA Interview Questions

Cloud Computing Interview Questions

C and C++ Interview Questions

Dotnet Interview Questions

Orace ADF Interview Questions

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

QuickBooks Enterprise Technical Support Number has almost eliminated the typical accounting process. Along with a wide range of tools and automations, it provides a wide range of industry verticals with specialized reporting formats and tools.

Jamess mengatakan...

QuickBooks Desktop version is oftentimes additionally divided in to QuickBooks Support, QuickBooks Premier and QuickBooks Enterprise. you’ll get the version that can be additional apt for your business.

Blogsilly mengatakan...

How to contact QuickBooks Payroll support?
Different styles of queries or QuickBooks related issue, then you're way in the right direction. You simply give single ring at our toll-free intuit QuickBooks Online Payroll Contact Number . we are going to help you right solution according to your issue. We work on the internet and can get rid of the technical problems via remote access not only is it soon seeing that problem occurs we shall fix the same.

steffan mengatakan...

Every user can get 24/7 support services with this online technical experts using QuickBooks support contact number. When you’re stuck in a situation in which you can’t find a way to get rid of a problem, all that's necessary is to dial QuickBooks Customer Service. Show patience; they will inevitably and instantly solve your queries.

steffan mengatakan...

QuickBooks Desktop Payroll Support Phone Number helps you to definitely resolve your entire technical and functional issues while looking after this well known extensive, premium and end-to-end business accounting and payroll management software. Our experts team at QuickBooks payroll support number is going to make you realize its advanced functions and assists anyone to lift up your business growth.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

We make sure your calls do not get bounced. Should your calls are failing to interact with us at QuickBooks Support Phone Number, then you can certainly also join our team by dropping a message without feeling shy. Our customer care support will continue to be available even at the wee hours.

Jack Dorsey mengatakan...

QuickBooks accounting software program is among the topmost, best and a lot of preferred business accounting software for small enterprises or entrepreneurs. It really is considered as the most effective accounting sofware for business management with many advanced services and features. And QuickBooks Payroll software program is the most useful accounting service that can perform all payroll functions for activating the smooth functioning of the business. However, many entrepreneurs in certain critical or troubling situation encounter various style of error. If you're your small business entrepreneur or have any trouble managing your company or employes pays, or have any other Quickbooks or accounting related trouble, then immediately contact our Accounting professionals or Quickbooks customer service or Quickbooks payroll support team through our toll-free QuickBooks Enterprise Support Number Here you will get the very best support for all Quickbooks functional or technical issue.

kevin32 mengatakan...

You named an error therefore we have the solution, this is the most luring top features of QuickBooks Enterprise Support Number channel available on a call at .

Jamess mengatakan...

Attributes Of Quickbooks Support Now you can get a sum of benefits with QuickBooks. Proper analyses are done first. The experts find out of the nature associated with trouble. You will definately get a complete knowledge as well. The support specialist will identify the problem. The deep real cause is likely to be found out. All the clients are extremely satisfied with us. We've got many businessmen who burn off our QuickBooks Technical Support You can easily come and find the ideal service to your requirements.

kevin32 mengatakan...

Our 24 hours available QuickBooks Enterprise Tech Support Phone Number channel at provides on demand priority support every single and every customer without compromising with the quality standards.

Bryan Willson mengatakan...

Let’s update you aided by the indisputable fact that this matter is immensely faced by our customers. Do not worry most likely and e mail us at our Support For QuickBooks. Our customer service executives are particularly customer-friendly helping to make certain that our customers are pleased about our services.

Mathew mengatakan...

Issues like these and all sorts of the other complex ones are very easily resolved by our team at QuickBooks Technical Support Phone Number. Our customer care executives are experienced, talented, hardworking an efficient.

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

In conclusion, don’t hesitate to call us on our QuickBooks Techical Support Number We are surely here for you. In summary, any error, any issue, any bug or anything else linked to QuickBooks related problem, just call our QuickBooks Tech Support Number. Surely, call our QuickBooks Support phone Number.

kevin32 mengatakan...

We make an effort to offer exceptional Accounting Support Services for best remote tech support experience. All our services are given by knowledgeable and courteous QuickBooks Support Phone Number Services professionals and certainly will be availed at the comfort of your house or office.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

Sometimes it becomes quite difficult to understand that is with this particular error code or message. In that case you ought to call our QuickBooks Tech Support Phone Number your can purchase in contact with our technical experts in order to find the fix of error instantly.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

Even though you make a search regarding the Google Intuit QuickBooks Help & Support you'll likely confused when a so many number comes up into the search engine results ,because Intuit is coping with so many items that why each product and every region they having the different Tech Support official .

accountingwizards mengatakan...

It is possible to rest assured; most of the errors and problems are handled because of the simplest in business. Our specialists could possibly get to figure on the drawback at once. this is often why we have a tendency to square measure recognized for our QuickBooks Tech Support Number.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

So did you just buy the best QuickBooks software? And are you facing the problems in setting up? Then always get-in-touch with our QuicKbooks Customer Support Phone Number great team by dialing our toll-free number. And our best support technician shall guide you in the Setup process in step-by-step.

steffan mengatakan...

In May 2002 Intuit thrown QuickBooks Enterprise Solutions for medium-sized businesses. QuickBooks Enterprise Tech Support Number here to produce tech support team to users. In September 2005, QuickBooks acquired 74% share associated with market in america.

Jamess mengatakan...

QuickBooks Support contact number have trained all of their executives to combat the issues in this software. Utilizing the introduction of modern tools and approaches to QuickBooks, you can test new techniques to carry out various business activities. Basically, this has automated several tasks that have been being done manually for a long time. There are lots of versions of QuickBooks Support and each one has a unique features.

kevin2 mengatakan...

Collaborate with colleagues:- QuickBooks Payroll Technical Support Number’ cloud-based software allows your bookkeeper, accountant, or colleagues, to sign in simultaneously and work directly with your data online.

kevin2 mengatakan...

Quickbooks customer care to get the best advice from our United States based Certified ProAdvisors to be able to fix business or accounting queries as well as QuickBooks Support Phone Number Errors quickly. Our third party independent AccountWizy Quickbooks support phone number and our experts are 24/7 active to offer Quickbooks customer service for its products.

kevin32 mengatakan...

Your final decision is used in a team of QuickBooks Tech Support Phone Number specialists WHO square measure extremely skillful and also have many years of expertise. they’ll resolve the errors fleetly and locate you back in business in no time.

Blogsilly mengatakan...

QuickBooks error 9999 can occur while you are installing a program or Intuit Inc. related software program (e.g. QuickBooks) is running. Also, it may happen to take place during Windows startup or shutdown, or even when the Windows operating system is being installed. If you would like to learn how to Troubleshoot Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Posting Komentar