Selasa, 09 Oktober 2012

FIFA 13 VS PES 2013, Lebih Bagus Mana???


Siapa yang tidak kenal atau pernah memainkan salah satu dari game di atas. Yap, FIFA 13 dari EA Sports dan PES 2013 dari KONAMI yang baru dirilis bulan september kemarin. Game yang bergenre sepak bola ini sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta sepak bola. Banyak di seluruh penjuru dunia memainkan salah satu dari game diatas, terutama di indonesia. Di sini saya akan membahas sedikit tentang 2 game di atas. Karena EA Sports selaku pembesut game FIFA 13 dan KONAMI selaku pembesut dari PES 2013 masing – masing sedang berlomba-lomba menunjukan kualitas kepada para pencinta game sepak bola ini, mana yang lebih baik dan unggul dari segala faktor. Ok, tanpa panjang lebar yang pertama saya akan membahas soal FIFA 13 dari EA Sports.

FIFA 13 ( EA Sports )

Menurut  EA Sports selaku pihak yang menggarap seri game ini, FIFA 13 mempunyai 3 fitur andalan.
Fitur pertama, Attacking Intelligence, pemain atau player bisa lebih leluasa dalam menyerang, memberi umpan atau mencari celah. Selain itu player juga lebih aktif dan cerdas dalam bergerak.
Fitur kedua, Complete Driblling , fitur ini memungkinkan player melakukan gerakan dengan mobilitas hingga 360 derajat.
Fitur ketiga, 1st Touch Control, fitur terbaru dalam seri game FIFA ini menambah kesan “real” dalam permainan. Fitur 1st control membuat kondisi pemain dan lapangan menjadi satu elemen yang menentukan saat player menerima operan. Jadi kalu kondisi pemain dan lapangan sedang kurang baik, bukan tidak mungkin operan – operan mudah justru gagal di kontrol.

Selain 3 fitur diatas, fitur impact engine juga semakin di sempurnakan oleh EA Sports. Untuk career mode perubahan paling drastis adalah player tidak hanya bisa menggunakan club, tapi juga bisa menggunakan negara. Untuk fitur online, FIFA 13 punya yang namanya “Match Day”.
Fitur match day otomatis melakukan update poin status pemain sesuai dengan dunia nyata. Ok cukup bahas FIFA 13, sekarang  giliran PES 2013.

PES 2013 ( Konami )

Fitur pertama dari seri game PES 2013, fitur pertama player ID, memungkinkan kita untuk mengenali pemain di lapangan hanya dengan melihat pergerakan atau aksesoris yang di pakai. Contoh player ID paling mudah ditemui adalah pada pergerakan cristiano ronaldo yang sangat khas saat membawa bola. Fitur kedua, PES Full Control memungkinkan kita mengontrol pemain dengan bebas, di antaranya saat melakukan operan dan tembakan ke gawang. Fitur selajutnya, Dynamic First Touch ini merupakan fitur yang ok menurut saya. Dengan adanya dynamic first control player dipermudah untuk mengontrol bola sesuai dengan keinginan masing-masing.

Selain fitur-fitur diatas ada juga fitur Al yang telah di sempurnakan, Impact engine dan Tactical Free kick. Untuk jenis mode permainan, belum ada perubahan berarti dibanding PES 2012. Contoh perubahan adalah pada mode football life yang di dalamnya ada master league dan become a legend. Dalam versi terbaru pemain bisa membeli item dan mendapatkan sepatu yang berguna meningkatkan kemampuan pemain.

Selesai sudah membahas tentang FIFA 13 dan PES 2013 ini, dari pembahasan di atas saya mencoba mengambil voting kecil - kecilan tentang 2 seri game ini lebih favorit mana memainkan FIFA 13 atau PES 2013. Jawaban dari mereka bermacam – macam dan saya mengambil kesimpulan dari voting kecil-kecilan tersebut, ternyata PES 2013 masih lebih favorit di banding FIFA 13 alasanya simpel karena mayoritas adalah faktor terbiasa dengan permainan PES 2013 dibanding FIFA 13.

Referensi : http://inet.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar