Selasa, 09 Oktober 2012

Teori Organisasi Umum ( Tugas 1 )


1.    Apa yang di maksud dengan organisasi ?

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2.    Mengapa organisasi di katakan sebagai wadah dan proses ?

Oranisasi sebagai Proses
Maksud organisasi sebagai proses adalah dimana ide2 dan saran dari anggota organisasi tidak hanya sebagai catatan saja, melainkan akan diproses menjadi sesuatu yang lebih baik dalam arti lain mengaplikasikan ide2 yang telah dikumpulkan dalam wadah tersebut .

Organisasi sebagai Wadah
Maksud organisasi sebaai wadah adalah tempat dimana suatu kelompok berkumpul untuk membicarakan dan bekerja sama dalam satu tujuan.Di dalam organisasi tersebut tempat orang-orang bertukar pikiran dan menuangkan ide-ide mengenai organisasi tersebut,karena itu maka dapat disebut sebagai wadah.

3.    Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing - masing dan berikan contohnya ?

Oraganisasi formal
Organisasi formal/ Resmi adaah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang/masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum.

Contoh organisasi formal ádalah perusahaan besar, badan-badan pemerintah, dan universitas-universitas.

Organisasi informal
Keanggotaan pada organisasi-organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi.

Contoh organisasi informal adalah pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama.

4.    Ceritakan pengalaman kalian pribadi kalian baik di organisasi formal maupun informal ?

Pengalaman saya di organisasi formal yaitu bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang supllier. di sini saya berkerja dalam kelompok, misalkan ada sebuah tender dari perusahaan yang membutuhkan barang untuk di supply perusahaan kami langsung menyiapkan penawaran harga dan spesifikasi barang yang akan di minta.  Dalam hal ini saya menyiapkan berkas – berkas yang akan di lampirkan untuk mengajukan penawaran barang yang akan di tawarkan. Bagian lainnya mencari harga barang dan spesifikasi barang yang di minta oleh perusahaan tersebut. Begitulah sedikit pengalaman saya dalam organisasi formal, yang sampai sekarang masih saya jalankan.

0 komentar:

Posting Komentar