Ada banyak faktor yang menunjang kesuksesan sebuah game. Semua aspek
berperan penting membuat game digemari banyak orang. Setidaknya, ada
lima resep utama, Berikut resepnya:
1. Pemilihan Tema
Pemilihan
tema yang tepat menjadi salah satu unsur penting pembuatan game.
Menurut Arief, jika dari awal pemilihan tema sudah salah, seterusnya
akan berujung kepada kesalahan juga.
"Misal kita tahu di
Indonesia, American football tidak populer, tetapi kita pilih membuat
game American football, sudah pasti tidak laku,".
2. Memilih Core Loop
Core loop
adalah aktivitas utama pemain selama bermain. Contohnya di social game
Farmville, si pemain menaruh tanaman, menunggu panen, menjual tanaman,
mendapatkan uang, menanam lagi, begitu seterusnya.
"Kalau kita lihat masing-masing tahap core loop
tersebut, ketika kita menanam, ada macam-macam jenis tanaman. Ketika
kita panen, ada variasi cara memanen. Ketika kita belanja, ada variasi
di rumah. Harus pastikan core loopnya menyenangkan,".
3. 'Thirty Days Experience'
Pembuat
game harus memastikan, selama 30 hari pertama semua pemain merasa
senang. Untuk membuat pemain menjadi loyal dan semakin menyukai game,
developer bisa menambahkan update feature, tutorial dan sebagainya.
4. 'First Three Months'
Di
sini, pembuat game memastikan bahwa selama tiga bulan pertama, game
tersebut masih menarik dan memberikan efek yang menyenangkan bagi para
pemainnya.
5. Punya Pipeline Content
Terakhir, pipeline content.
Developer harus punya rencana akan menambah apa selama periode
selanjutnya, setahun ke depan, dan berikutnya sampai game ini 'habis'.
"Rata-rata social game life cyclenya 2-3 tahun,".
"Lebih
seperti karya seni, misal kalau kita lihat sebuah film animasi, kita
tidak bisa bilang "tangan dari tokoh animasi ayunannya salah", tetapi
the whole experience sepertinya tidak exciting," simpulnya.
Referensi : http://inet.detik.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar