Rabu, 14 November 2012

Resep Jitu Bikin Game

Ada banyak faktor yang menunjang kesuksesan sebuah game. Semua aspek berperan penting membuat game digemari banyak orang. Setidaknya, ada lima resep utama, Berikut resepnya:

1. Pemilihan Tema

Pemilihan tema yang tepat menjadi salah satu unsur penting pembuatan game. Menurut Arief, jika dari awal pemilihan tema sudah salah, seterusnya akan berujung kepada kesalahan juga.

"Misal kita tahu di Indonesia, American football tidak populer, tetapi kita pilih membuat game American football, sudah pasti tidak laku,".

2. Memilih Core Loop

Core loop adalah aktivitas utama pemain selama bermain. Contohnya di social game Farmville, si pemain menaruh tanaman, menunggu panen, menjual tanaman, mendapatkan uang, menanam lagi, begitu seterusnya.

"Kalau kita lihat masing-masing tahap core loop tersebut, ketika kita menanam, ada macam-macam jenis tanaman. Ketika kita panen, ada variasi cara memanen. Ketika kita belanja, ada variasi di rumah. Harus pastikan core loopnya menyenangkan,".

3. 'Thirty Days Experience'

Pembuat game harus memastikan, selama 30 hari pertama semua pemain merasa senang. Untuk membuat pemain menjadi loyal dan semakin menyukai game, developer bisa menambahkan update feature, tutorial dan sebagainya.

4. 'First Three Months'

Di sini, pembuat game memastikan bahwa selama tiga bulan pertama, game tersebut masih menarik dan memberikan efek yang menyenangkan bagi para pemainnya.

5. Punya Pipeline Content

Terakhir, pipeline content. Developer harus punya rencana akan menambah apa selama periode selanjutnya, setahun ke depan, dan berikutnya sampai game ini 'habis'. "Rata-rata social game life cyclenya 2-3 tahun,".

"Lebih seperti karya seni, misal kalau kita lihat sebuah film animasi, kita tidak bisa bilang "tangan dari tokoh animasi ayunannya salah", tetapi the whole experience sepertinya tidak exciting," simpulnya.

Referensi : http://inet.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar